Perkembangan Bentuk Penyajian Kesenian Srandhul di Kalangan Muda-Mudi Kampung Mangkubumen Kotagede Kelurahan Purbayan Kecamatan Kotagede Yogyakarta ABSTRAK

Descy Etiek Sanjaya

Abstract


Perkembangan Bentuk Penyajian Kesenian Srandhul di Kalangan Muda-Mudi Kampung Mangkubumen Kotagede Kelurahan Purbayan Kecamatan Kotagede Yogyakarta ABSTRAK

Penulis 1 : DESCY ETIEK SANJAYA (08209241032)
Penulis 2 : Kuswarsantyo, M.Hum. 
Penulis 3 : Dra. EMG. Lestantun, MK.M.Sn. 
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan bentuk penyajian kesenian Srandhul di kalangan muda-mudi Kampung Mangkubumen Kelurahan Purbayan Kecamatan Kotagede Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah kesenian Srandul. Subjek penelitian ini terdiri dari: Tokoh masyarakat, pembina dan ketua kesenian, masyarakat sekitar, pelatih kesenian Srandhul, penari dan pemusik kesenian Srandhul. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan: a) reduksi data, b) display data, c) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dengan membandingkan dan mengecek informasi yang diperoleh dari pendokumentasian, observasi, dan wawancaratentangkesenianSrandhul.
Hasil penelitian ini bahwa: 1) sejarah perkembangan bentuk penyajian Srandhul yang pementasannya berbentuk arena. Pementasan kesenian Srandhul menggunakan oncor yang bersumbu lima, 2) gerak dalam kesenian Srandhul telah banyak variasi, (3) tata rias dan busana kesenian Srandhul pada masa lalu masih menggunakan alat rias seadanya dan sangat sederhana. Masa kini tata rias sudah diperhalus dan lebih maju menggunakan alat rias yang lebih lengkap. Demikian pula tata busananya, yang dahulu menggunakan pakaian sederhana, kaos seadanya dan celana panji, namun sekarang sudah menggunakan kostum pementasan seperti pada umumnya (4) Iringan yang digunakan dahulu hanya menggunakan alat musik berupa angklung, terbang, kentongan dan kendang. Namun sekarang sudah menggunakan alat musik gamelan seperti pada umumnya pementasan kesenian Jawa lainnya (5) Kesenian Srandhul ini menggunakan properti berupa pedang ataupun keris berdasarkan perannya (6) Tempat pertunjukan kesenian Srandhul menyesuaikan dengan permintaan orang yang mau nanggap (7) kesenian Srandhul menggunakan desain lantai lengkung kedepan, belakang, samping dan lingkaran.

Kata kunci: Perkembangan, bentuk penyajian, kesenian Srandhul 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.