NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KESENIAN BADUI SEMAMPIR DI DUSUN SEMAMPIR KULON, TAMBAK REJO, TEMPEL, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Hafizha Sabila Azka

Abstract


NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KESENIAN BADUI SEMAMPIR DI DUSUN SEMAMPIR KULON, TAMBAK REJO, TEMPEL, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Penulis 1 : HAFIZHA SABILA AZKA (10209244026)
Penulis 2 : Trie Wahyuni, M. Pd 

Penulis 3 : Dr. Rumi Wiharsih, M. Pd

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bentuk penyajian; 2)
Sejarah kesenian Badui; 3) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam
Kesenian Badui di dusun Semampir Kulon, Tambak Rejo, Tempel, Sleman,
DaerahIstimewaYogyakarta.

Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif deskriptifyangbersifatnaturalistik. Subjek penelitian ini adalah Ketua kesenian Badui, pengurus
kesenian Badui, penari, tokoh masyarakat setempat, dan warga dusun Semampir. Penelitian difokuskan pada nilai-nilai pendidikan yang terkandungdalamsyair Badui anak. Teknik pengumpulan data diperoleh dari narasumber grup Badui Semampir melalui observasi, wawancara mendalam, serta studi dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalahreduksidata,displaydata,dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan datamenggunakanTriangulasisumber dengan membandingkan data hasil pengamatandengandatadariinforman,kemudian merecheck kembali data-datayangdiperolehdariwawancara,observasi,dandokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk penyajian kesenian Badui
Semampir mengandung enam elemen tari, yaitu: gerak, tema, pola lantai, iringan, properti, tata rias dan busana; 2) Kesenian Badui merupakan kesenianrakyatyang bernafaskan Islam dengan syair-syair berbahasa Arab, Indonesiadankeseniantersebut menggambarkan sekelompok prajurit yang sedangberlatihperang;3)Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kesenianBadui,antaralain:a)nilai religius, b) nilai moral c) nilai persatuan dankesatuan,d)nilaikedisiplinan,e)nilaiestetika.


Kata Kunci: Nilai-nilai, pendidikan, kesenian Badui


Refbacks

  • There are currently no refbacks.