PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATA PELAJARAN SENI TARI

Danang Anikan Fajar

Abstract


PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATA PELAJARAN SENI TARI
Danang Anikan Fajar, FBS Universitas Negeri Yogyakarta
Sumaryadi,M. Pd
Wenti Nuryani, M.Pd
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media interaktif mata pelajaran tari untuk pembelajaran tari nusantara di SMA/MA yang tervalidasi oleh ahli materi, ahli media pembelajaran, dan siswa calon pengguna dalam mengatasi permasalahan pembelajaran seni tari di sekolah, bisa juga digunakan sebagai media pembelajaran mandiri di rumah.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap pertama studi pendahuluan, kedua pengembangan ketiga melakukan uji coba produk. Kualitas media pembelajaran yang di kembangkan dipertanggung jawabkan dengan analisis data kuesioner. Data tersebut kemudian diubah dalam bentuk skor standar seratus. Media pembelajaran dinyatakan layak apabila skor rata-rata akhir minimal 70.
Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh hasil penilaian pada aspek kebenaran konsep, aspek materi dan aspek pembelajaran memiliki skor rata-rata hasil di atas 75 dan termasuk kategori layak. Berdasarkan analisis kuisioner dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran tari di SMA/MA.
Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran tari, media interaktif tari


Refbacks

  • There are currently no refbacks.