HUBUNGAN BAKAT DAN KREATIVITAS DENGAN KEMAMPUAN MENCIPTAKAN KEMAMPUAN MENCIPTAKAN TARI PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN SENI TARI SMK NEGERI 1 KASIHAN BANTUL

Diny Tri Prastini, Wenti Nuryani, Rumi Wiharsih

Abstract


abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bakat dan kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari pada siswa kompetensi keahlian seni tari SMK Negeri 1 Kasihan Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Seni Tari yang telah mengikuti Mata Pelajaran Pementasan sebanyak 81 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII T1 dan XII T2 dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan korelasi ganda dengan taraf signifikansi hasil analisis sebesar 5%.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara bakat dengan kemampuan menciptakan tari pada siswa Kompetensi Keahlian Seni Tari SMK Negeri 1 Kasihan Bantul. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,006 (P ≤ 0,05), artinya ada hubungan yang berpengaruh positif dan meyakinkan antara bakat dengan kemampuan menciptakan tari. 2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari pada siswa Kompetensi Keahlian Seni Tari SMK Negeri 1 Kasihan Bantul. hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,007 (P ≤ 0,05), artinya ada hubungan yang berpengaruh positif dan meyakinkan antara kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari. 3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara bakat dan kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari secara bersama-sama pada siswa Kompetensi Keahlian Seni Tari SMK Negeri 1 Kasihan Bantul. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,003 (P ≤ 0,05), artinya ada hubungan yang berpengaruh positif dan meyakinkan antara bakat dan kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari secara bersama-sama. Dan nilai F hitung = 7,019 ≥ F tabel dengan derajat kebebasan 38.2 pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,250.
Kata Kunci : bakat, kreativitas, kemampuan menciptakan tari


Refbacks

  • There are currently no refbacks.