TEKNIK MEMAINKAN TOPENG DAN PENGARUHNYA TERHADAP EKSPRESI DAN VARIASI GERAK TARI TOPENG KLANA CIREBON DI SANGGAR MIMI RASINAH KABUPATEN IDRAMAYU

Upi Qhurotul Tufailah, Marwanto Marwanto, Supriyadi Hasto Nugroho

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan teknik memainkan topeng dan pengaruhnya terhadap ekspresi dan variasi gerak dalam tari topeng Kelana Cirebon di sanggar Mimi Rasinah Kabupaten Indramayu, yang dikenal hanya oleh orang-orang yang bercinambungan dalam kesenian saja.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Tari Topeng Klana Cirebon yang berasal dari kota Cirebon dan dikembangkan di Desa Pekandangan Kabupaten Indramayu. Penelitian ini di fokuskan pada Teknik Memainkan Topeng dan Pengaruhnya Terhadap Ekspresi Dan Variasi Gerak Tari Topeng Klana Cirebon yang dikemas menjadi identitas dari kota Indaramayu. Subjek dalam penelitian ini adalah cucu dari Mimi Rasinah, seniman, penari, dan dinas kebudayaan Indramayu. Data penelitian diperoleh melalui obserfasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penataran data, dan pengambilan keputusan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi yang dilakukan dengan mengecek data yang telah diperoleh melalui beberpa sumber.

Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik memainkan Topeng 1. Berpengaruh terhadap kualitas gerak tari, 2. Berpengaruh terhadap ekspresi gerak tari.

 

Kata kunci:Teknik memaikan topeng, ekspresi dan variasi tari Topeng Klana

 



Refbacks

  • There are currently no refbacks.