STRUKTUR DRAMATIK TARI MUNAI SERAPAH KARYA RADEN GUNAWAN DI KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN

Galuh Wahyu, Trie Wahyuni, Supriyadi Nugroho

Abstract


Abstrak

Struktur Dramatik Tari Munai Serapah  Karya Raden Gunawan di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dramatik tari Munai Serapah dilihat dari tema, dinamika, desain gerak, desain lantai, desain musik, serta desain atas sebagai aspek penunjang terciptanya struktur dramatik. Penelitian yang dilakukan dari bulan Januari sampai April 2016 ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan naturalistik. Penelitian ini menempatkan struktur dramatik tari Munai Serapah sebagai objek dan Raden Gunawan selaku pencipta tarian, pelatih tari, tokoh kesenian Banyuasin, sebagai subjeknya. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis menggunakan teknik analisis reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tari Munai Serapah bertema cinta; 2) berkronologi adegan dinamis; 3) berkosagerak gaya Melayu, baik murni maupun maknawi (ngancak, tangan seribu, kibas, pendekatan, belinjangan, ngancak kebolean, linjang, becengkrame, memadu kasih, dayung sampan, dan silat); 4) berdesain lantai pola berjajar, panah, iris tempe, A, V, T, lingkaran, dan perpaduan antara U dan garis sejajar; 5) menggunakan musik instrumen gendang, gong, bass, gitar, drum, dan organ; 6) berdesain atas datar, dalam, vertikal, horizontal, kontras, tinggi, medium, rendah; 7) memiliki struktur dramatik desain kerucut tunggal dengan skema Exposition (penggambaran awal) pada adegan 1 dan 2, Complication (dimulainya kerumitan yang menjadi tikaian pertama) terjadi pada adegan 2, Climax (puncak dari laku lakon) pada adegan 3, Conclusion (kesimpulan dari lakon) terdapat pada bagian akhir adegan 3. 

 

Kata Kunci : Struktur Dramatik, Tari Munai Serapah

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.