NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG PADA TARI LAWET DAN RELEVANSINYA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 2 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN

Suryaningsih Suryaningsih, Kuswarsantyo Kuswarsantyo, Herlinah Herlinah

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah, fungsi, bentuk penyajian dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung pada tari Lawet serta relevansi tari Lawet bagi pembentukan karakter siswa di SMP N 2 Karanganyar Kabupaten Kebumen.

Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Nilai-nilai pendidikan sebagai objek formal dan tari Lawet sebagai objek material. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, dan pencipta tari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan : (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan display data. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa berdasarkan sejarahnya, tari Lawet diciptakan dengan proses eksplorasi yang panjang. Fungsi tari Lawet tidak hanya sebagai tari ikon Kabupaten Kebumen, hiburan dan pertunjukan, tetapi  juga sebagai sarana pendidikan. Bentuk penyajian tari Lawet terdiri dari gerak, iringan, serta tata rias dan busana. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tari Lawet yaitu nilai pendidikan religius, bertanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, cinta ilmu, sosial, ekologis, tangguh, berani mengambil resiko,  dan berorientasi tindakan. Dari 25 nilai karakter terdapat 12 nilai pendidikan tari Lawet yang sesuai. Nilai karakter yang tidak terdapat pada nilai-nilai pendidikan tari Lawet diterapkan melalui proses belajar mengajar. Relevansinya, nilai-nilai pendidikan tari Lawet sangat berpotensi untuk diterapkan guna membentuk karakter dan kepribadian siswa menjadi lebih baik.

 

 

Kata Kunci : karakter, nilai-nilai pendidikan, relevansi, tari Lawet

 

 

 

 

 

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.