PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK MELALUI SENI TARI BAGI ANAK TUNAGRAHITA DENGAN METODE IMITASI DI SLB CITRA MULIA MANDIRI KALASAN

Novita Ningrum, Rumiwiharsih Rumiwiharsih

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik bagi anak tunagrahita dengan metode Imitasi di SLB Citra Mulia Mandiri Kalasan. Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah kemampuan motorik anak tunagrahita yang masih kaku dan tidak lancar.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita SLB Citra Mulia Mandiri Kalasan sebanyak 4 siswa. Kolaborator penelitian yaitu Eni Winarti, S.Pd., selaku guru seni di SLB Citra Mulia Mandiri Kalasan. Adapun data instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes. Analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif. Validitas data yang diperoleh melalui validitas demokratik, validitas proses dan validitas hasil.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Imitasi dapat meningkatkan kemampuan motorik siswa tunagrahita di SLB Citra Mulia Mandiri Kalasan. Keberhasilan dapat dilihat dari jumlah siswa yang mencapai kategori keberhasilan pada siklus I skor rata-rata akhir hanya mendapat nilai 45 saja tetapi pada siklus II siswa mencapai nilai 85 dan dengan menggunakan metode Imitasi ternyata juga dapat ditingkatkan kemampuan mengingat materi bagi siswa tunagrahita. Hal tersebut sudah sesuai dengan target keberhasilan tindakan, maka dari itu penelitian diakhiri.

Kata kunci: kemampuan motorik, anak tunagrahita, seni tari, imitasi, SLB Citra Mulia Mandiri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.