BENTUK PENYAJIAN DAN PELESTARIAN KESENIAN REOG WAYANG KI AGENG SELO MANUNGGAL DI DUSUN SELO, DAGARAN, PALBAPANG, BANTUL

Mei Nur Diah, Bambang Suharjana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bentuk Penyajian dan mengetahui upaya pelestarian Kesenian Reog Wayang Ki Ageng Selo Manunggal di Dusun Selo, Dagaran, Palbapang, Bantul.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Kesenian Reog Wayang Ki Ageng Selo Manunggal di Dusun Selo, Dagaran, Palbapang, Bantul. Subjek penelitian ini adalah perangkat desa, pengurus kesenian Reog, penari, pengrawit dan masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara dan kamera. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi.

Hasil penelitian ini adalah Bentuk Penyajian dan Upaya Pelestarian Kesenian Reog Wayang Ki Ageng Selo Manunggal di Dusun Selo, Dagaran, Palbapang, Bantul. Reog Wayang Ki Ageng Selo Manunggal berdiri pada tahun 2006 yang diprakasai oleh seluruh muda-mudi Dusun Selo. Struktur penyajian kesenian Reog Wayang Ki Ageng Selo Manunggal ini dibagi menjadi 3 babak yaitu babak 1 adalah pembuka, babak 2 inti, dan babak 3 adalah penutup. Elemen yang mendukung bentuk penyajian kesenian ini adalah: gerak, iringan, tata rias, tata busana, pola lantai, dan tempat pertunjukan. Kesenian Reog Wayang biasanya dipentaskan di halaman yang luas atau dilapangan dengan menggunakan kostum seperti wayang orang.

Upaya pelestarian kesenian Reog Wayang dilakukan dengan cara mengadakan pementasan setiap tahunnya dengan pendanaan dari dinas kebudayaan maupun dari warga, mengikuti festival dan dengan adanya tanggapan dari warga yang sedang memiliki hajat. Bentuk Pelestariannya berupa pembaruan kostum penari, penambahan cerita dan adanya alat musik seruling.

Kata Kunci : bentuk penyajian, pelestarian, reog wayang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.