PEMBELAJARAN SENI TARI DI SANGGAR TARI ANAK TEMBI DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER ANGGOTA SANGGAR

Riska Perdiana Wati, Sumaryadi Sumaryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari di Sanggar Tari Anak Tembi dan relevansinya bagi pendidikan karakter anggota sanggar.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini ada dua yaitu objek material dan objek formal. Objek materialnya adalah pembelajaran seni tari di Sanggar Tari Anak Tembi. Objek formalnya adalah sistem pembelajaran. Subjek penelitian ini meliputi koordinator Sanggar Tari Anak Tembi, pengajar, siswa, dan orang tua siswa.Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran tari di Sanggar Tari Anak Tembi berbeda dengan sekolah formal, perbedaannya terlihat dari segi siswa, guru, tujuan, metode, media, kurikulum, dan evaluasi. (2) terdapat relevansi antara pembelajaran seni tari dan pendidikan karakter di Sanggar Tari Anak Tembi. Melalui pembelajaran yang aktif dan menyenangkan di Sanggar Tari Anak Tembi, muncul beberapa nilai karakter pada siswa, yang terdiri dari disiplin (siswa patuh pada peraturan sanggar, salah satunya dalam peraturan berpakaian), kerja keras (siswa berlatih sendiri di luar jam sanggar), mandiri (siswa memakai kain sendiri saat persiapan latihan menari), tanggung jawab (siswa menghafal ragam gerak tari), bersahabat/komunikatif (siswa berani bertanya, siswa saling tolong-menolong, dan saling bersendagurau dengan guru atau siswa), cinta tanah air (siswa mengikuti sanggar tari diluar kegiatan sekolah, siswa menghargai aturan yang berlaku di sanggar, siswa menghargai guru), dan rasa ingin tahu (siswa berdiskusi dengan guru atau siswa mengenai ragam gerak yang belum dimengerti).

Kata Kunci: Pembelajaran Seni Tari, Pendidikan Karakter, Sanggar Tari Anak Tembi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.