MANAJEMEN SANGGAR WIJAYA KUSUMA DI DUSUN GROGOL DESA MARGODADI KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Auliyana Ragil Satiti, Sumaryadi Sumaryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen Sanggar Wijaya Kusuma di Dusun Grogol, Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Objek penelitian ini adalah Sanggar Wijaya Kusuma. Subjek penelitian ini meliputi ketua sanggar, wakil ketua, bendahara, dan pegawai sanggar. Lokasi Sanggar Wijaya Kusuma berada di Dusun Grogol, Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri, dalam mengolah data penelti dipandu dengan panduan observasi, panduan wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan tahap-tahap: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabasahan data di peroleh dengan menggunakan triagulasi, melalui pengecekan data dengan tahapan wawancara dari setiap narasumber, hasil observasi, dan hasil dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan Sanggar Wijaya Kusuma menggunakan manajemen keluarga. Semua kegiatan yang ada di sanggar dikelola dan ditangani langsung oleh pemilik sanggar beserta keluarga. Meskipun demikian manajemen yang digunakan tetap berlandaskan pada teori manajemen yang ada. Hanya saja cara pengelolaan manajemen di Sanggar Wijaya Kusuma sangatlah berbeda dengan sanggar seni lainnya, yakni dalam pelaksanaan administrasi Sanggar Wijaya Kusuma tidak memungut biaya pendaftaran atau biaya administrasi selama proses pembelajaran, tidak ada batasan usia, dan tidak ada batasan waktu dalam proses pembelajaran. Dalam perlengkapan Sanggar Wijaya Kusuma membuat sendiri peralatan-peralatan seni seperti gamelan, kostum dan properti tari, kostum dan properti wayang wong, kostum dan property keprajuritan, dan kostum kejawen. Selain itu, dalam perencanaan personalia Sanggar Wijaya Kusuma tidak memberikan syarat tertentu pada pegawai sanggar. Hal yang paling penting yang diutamakan oleh Sanggar Wijaya Kusuma adalah keberhasilan dalam melestarikan budaya bangsa, khusunya di kalangan generasi muda.

Kata Kunci: manajemen, sanggar, Wijaya Kusuma


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.