KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DAN KONDISI INTERAKSI ANTAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARI SISWA SMAN 1 SEWON

Peni Endah Sekarini, Sumaryadi Sumaryadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) Mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Tari Siswa SMAN 1 SEWON (b) Mengetahui Pengaruh Kondisi Interaksi antar Siswa terhadap Prestasi Belajar Tari SMAN 1 SEWON (c) Mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Kondisi Interaksi antar Siswa terhadap Prestasi Belajar Tari SMAN 1 SEWON.

Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan 23 pernyataan pada setiap variabel bebas yang sudah melewati uji kelayakan instrumen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi sederhana dan uji regeresi beganda.

Hasil dari penelitian ini yaitu ada korelasi yang positif antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa. Dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (7,696>1,993), signifikansi 0,000<0,05, nilai r 0,669, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,317. Ada korelasi yang positif antara kondisi interaksi antar siswa dengan prestasi belajar siswa.Dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (6,918>1,993), signifikansi 0,000<0,05, nilai r 0.629, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,294. Ada korelasi yang positif persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kondisi interaksi antar siswa terhadap prestasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung> F tabel (46,430>3,12) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, dan nilai R 0,751.Hasil uji R2 pada penelitian ini diperoleh nilai sebesar 0,563. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh variabelpersepsi siswa tentang kompetensi guru dan kondisi interaksi antar siswa sebesar 56,3%.

Kata Kunci: persepsi siswa, kondisi interaksi antar siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.