MANAJEMEN PEMBELAJARAN TARI DI SANGGAR TARI PAWON DESA SURODAKAN KABUPATEN TRENGGALEK PROVINSI JAWA TIMUR

Mahadika Failda, Endang Sutiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Pembelajaran Tari di Sanggar Tari Pawon Desa Surodakan Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur. Yang meliputi aspek planning (perencanaan) personalia, Organizing (Pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan), controlling (pengendalian).

Objek dalam penelitian ini adalah Manajemen Pembelajaran Tari di Sanggar Tari Pawon. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, metode observasi, dan metode dokumentasi. Data penelitian ini bersifat kualitatif, sehingga analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan , reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Sedangkan Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sanggar Tari Pawon di desa Surodakan kabupaten Trenggalek provinsi Jawa Timur merupakan sanggar dikelola berdasarkan kekeluargaan karena dalam pengorganisasiannya merupakan satu keluarga selain itu semua yang belajar di sanggar juga di perlakukan seperti layaknya keluarga sendiri dengan pola kesederhanaan, persaudaraan, semangat dan tanggung jawab. 2) Manajemen yang di terapkan adalah menyesuaikan dengan keadaan sanggar dan semua keputusan berada pada ketua sanggar. 3) Menggunakan fungsi manajemen dengan aspek Planning (perencanaan) yaitu dimulai dari pendaftaran, iuran wajib, pembagian kelas, pembelajaran, ujian sanggar lalu pentas sanggar. Organizing (Pengorganisasian), meliputi ketua (kepala rumah tangga), bendahara (istri), pelatih (anak), dan sekertaris (menantu). Actuating (pelaksanaan) kegiatan yang ada di sanggar tari pawon dilakukan secara bertahap dan terjadwal, semuanya berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan. Aspek controlling (pengendalian), pengawasan dilakukan oleh ketua sanggar dan di bantu oleh pihak yang terlibat oganisasi. Kegiatan sanggar akan berhasil apabila semua yang terlibat didalamnya mengikuti apa yang ketua sanggar perintahkan maka semua akan berjalan dengan lancar sesuai dengan target.

Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran Tari.


Full Text:

PDF

References


Ansor, A,S. 2006. Pengantar Manajemen management principle planning organizing actuanting controling. Yogyakarta: Fajar

Danim, S. 1995 Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Degeng, N, S.. 2013. Ilmu Pembelajaran. Bandung: PT. Kalam Hidup.

Djaatar, T,Z,2001. Kontribusi Srategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Gaung Persada Press.

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta 2017. Suplemen Pedoman Tugas Akhir TAS/TAKS/TABS. Yogyakarta.

Hadi, S. 2005. Sosiologi Tari Sebuah Pengenalan Awal. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Hanafi, M,M. 2003. Manajemen. Yogyakarta:UPP AMP YKPN.

Handoko, T Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Indrayuda. 2011. Imaji Jurnal Seni dan Pendidikan Seni Tari. Yogyakarta: UNY

Jazuli, M. 1994. Telaah Teoritis Seni Tari. Yogyakarta: CV. Nur Cahaya.

Julitriarsa, D. 1988. Manajemen Umum. Yogyakarta:BPFE-YOGYAKARTA.

Kussudiarja, B. 1981. Tentang Tari. Yogyakarta: Media Abadi.

Moedjiono dan Hasibuan. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, L,J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo,A. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta:AR-RUZZMEDIA

Sardiman. 1990. Interkasi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

Suyono. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta

Triwiyanto, T. 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Wijayanti, I,D,S. 2008. Manajemen. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Zain, Aswan dan Syaiful,B,D.1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Trenggalek


Refbacks

  • There are currently no refbacks.