NILAI ESTETIKA TARI KECETAN DALAM UPACARA RITUAL KEDUG BEJI DI KABUPATEN NGAWI

Afterina Asmarawati Chizminavita, Enis Niken Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai estetika Tari Kecetan dalam upacara ritual Kedug Beji di Kabupaten Ngawi. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai estetika Tari Kecetan dalam upacara ritual Kedug Beji di Kabupaten Ngawi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah objek material upacara ritual Kedug Beji dan tari Kecetan serta objek formal nilai estetika.Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini sebagai berikut : (a) upacara ritual Kedug Beji merupakan upacara yang dilakukan pada setiap tahun sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, (b) nilai estetika tari Kecetan adalah gerakan yang saling memukul dan terdapat gerak transisi berputar, menggunakan iringan khusus, tata rias alami, busana yang sederhana, dan menggunakan ranting kayu sebagai properti. Tari Kecetan merupakan suatu tarian yang wajib untuk ditarikan pada saat upacara ritual Kedug Beji.

Kata Kunci: Nilai Estetika, Tari Kecetan, Upacara Ritual Kedug Beji


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.