KEBERADAAN KESENIAN REYOG WANITA PADA GROUP SARDULO NARESWARI DI KECAMATAN SAWOO KABUPATEN PONOROGO

Nurul Marliyani, Kuswarsantyo Kuswarsantyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberadaan Kesenian Reyog Wanita pada group Sardulo Nareswari di Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Setting penelitian ini adalah Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Waktu penelitian dimulai dari bulan Februari sampai bulan Maret 2018. Objek penelitian ini adalah kesenian reyog wanita di Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Subjek penelitian ini terdiri dari narasumber yaitu Ibu Heni, Ibu Yulengsi, dan Mbah Harto. Metode pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi untuk menguji kebenaran data tentang keberadaan reyog wanita pada group Sardulo Nareswari di Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo.

Hasil penelitian ini adalah (1) sejarah terbentuknya kesenian reyog wanita Sardulo Nareswari (2) Fungsi kesenian reyog wanita Sardulo Nareswari adalah sebagai sarana hiburan (3) bentuk penyajian kesenian reyog wanita Sardulo Nareswari terdiri dari tujuh adegan. Ada lima elemen penari dalam kesenian reyog wanita Sardulo Nareswari yaitu, Jathil, Warok, Bujangganong, Klana sewandana dan Dhadak merak. Iringan reyog menggunakan gamelan. Tata busana yang digunakan dalam kesenian reyog wanita Sardulo Nareswari berbeda-beda sesuai dengan peran masing-masing. Rias Jathil menggunakan rias cantik sedangkan Warok menggunakan rias karakter dengan warna merah dan hitam. Untuk penari Bujang ganong, Klanasewandana dan Dhadak merak tidak menggunakn rias melainkan menggunakan topeng untuk memperkuat karakter. Jumlah penari, pemusik dan wiraswara disesuaikan dengan tempat dan permintaan. Properti yang digunakan dalam kesenian reyog wanita Sardulo Nareswari adalah topeng, pecut, eblek, kolor dan dhadak merak. (4)keberadaan kesenian reyog wanita Sardulo Nareswari ditunjukkan dengan seringnya pentas dalam berbagai acara kesenian baik di dalam kota maupun diluar kota Ponorogo.

Kata kunci: Reyog wanita, Sardulo Nareswari, Kecamatan Sawoo.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.