IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DALAM KONTEKS KURIKULUM 2013

Evita Mutmainah, Poerwanti Hadi Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang implementasi pembelajaran sosiologi pada
konteks Kurikulum 2013 di SMAN 5 Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa implementasi pembelajaran sosiologi di SMAN 5 Purworejo terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran sosiologi guru
memadukan Gerakan Literasi Sekolah, Kompetensi Abad 21 dan HOTS (Higher Order Thinking
Skills). Pada tahap pelaksanaan pembelajaran sosiologi lebih banyak menggunakan model Problem
Based Learning ditemukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning melatih kompetensi
4C (critical thinking, collaboration, cerativity dan communication) peserta didik dan pada tahap
penilaian, penilaian produk berupa pembuatan film pendek digunakan untuk mengevaluasi
ketrampilan 4C dan HOTS.

Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran Sosiologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417