PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN WISATA ALAM PASCA REVITALISASI (Studi Kasus di Rest Area Lembah Asri Desa Serang Kabupaten Purbalingga)

Ika Fitrianingrum, V. Indah Sri Pinasti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) partisipasi masyarakat, (2) kegiatan pengelolaan, serta (3) faktor pendukung dan faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan wisata alam Rest Area Lembah Asri Desa Serang Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan
triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) macam partisipasi masyarakat dalam pengelolaan wisata alam Rest Area Lembah Asri berjalan pada tahap citizen power dalam tingkatan partnership dan bentuk pengelolaan sudah berada pada sistem bottom-up. (2) kegiatan pengelolaan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Serang meliputi obyek dan daya tarik wisata, prasarana wisata, sarana wisata, tata laksana atau infrastruktur dan masyarakat atau lingkungan sosial, (3) faktor   pendukung partisipasi masyarakat dalam pengembangan Rest Area Lembah Asri ini adalah kepedulian masyarakat dan potensi desa yang dapat dimanfaatkan, sedangkan faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Rest Area Lembah Asri Desa Serang yaitu minimnya pendanaan.  

Kata kunci: Partisipasi, Pengelolaan Wisata Alam, Revitalisasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417