HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA SMP SE KECAMATAN KLATEN SELATAN

Zamroh Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan tingkat pendidikan orangtua dengan prestasi belajar IPS; (2) Hubungan pola asuh orangtua dengan prestasi belajar IPS; dan (3) Hubungan antara tingkat pendidikan dan pola asuh orangtua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS pada siswa SMP se Kecamatan Klaten Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP se Kecamatan Klaten Selatan sebanyak 1222 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling berjumlah
293 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dicari dengan Expert Judgement, dan Uji reliabilitas dicari dengan rumus Alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, linieritas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan tingkat pendidikan orangtua dengan prestasi belajar. Semakin tinggi pendidikan orangtua maka semakin tinggi pula prestasi belajar IPS siswa SMP se Kecamatan Klaten Selatan. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orangtua dengan prestasi belajar IPS. Semakin baik pola asuh orangtua semakin baik pula prestasi belajar IPS siswa SMP se Kecamatan Klaten Selatan. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dan pola asuh orangtua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS pada siswa SMP se Kecamatan Klaten Selatan. Semakin tinggi tingkat pendidikan orangtua dan semakin baik pola asuh orangtua, maka semakin tinggi pula prestasi belajar IPS siswa SMP se Kecamatan Klaten Selatan.

Kata kunci: Tingkat Pendidikan Orangtua, Pola Asuh Orangtua, Prestasi Belajar IPS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com