PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN POSTER INFOGRAFIS DENGAN MATERI POTENSI DAN SEBARAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Susi Hartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tahap pengembangan media
pembelajaran IPS menggunakan poster infografis dengan materi potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia untuk siswa SMP kelas VII, 2) kelayakan media pembelajaran IPS menggunakan poster infografis dengan materi potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia untuk siswa SMP kelas VII melalui validasi ahli materi, ahli media, guru IPS, dan tanggapan siswa kelas VII.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII SMP Negeri 1
Sewon. Uji coba dilakukan pada tanggal 17 November sampai 24 November 2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan kuesioner (angket). Data mengenai validasi ahli dan tanggapan siswa yang berupa kuantitatif diubah menggunakan kategori kelayakan media pembelajaran IPS menggunakan poster infografis dianggap layak untuk digunakan apabila validasi ahli materi, ahli media, guru IPS, dan uji coba lapangan oleh siswa memperoleh kategori rerata skor minimum âbaikâ.
Hasil penelitian menunjukkan 1) tahap pengembangan media pembelajaran IPS menggunakan poster infografis dengan materi potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia yaitu menggunakan software CorelDraw X6, kemudian membuat sketsa/wireframe, brainstorming membuat berbagai sketsa visual, mengedit format serta menyusun tampilan data teks untuk dimuat ke dalam visualisasi atau menyeimbangkan data teks dengan gambar, dan memproduksi media, 2) kelayakan media pembelajaran IPS menggunakan poster infografis yaitu layak digunakan berdasarkan, a) hasil validasi ahli materi dengan skor 3,83 atau kategori baik, b) validasi ahli media dengan skor 4,00 atau kategori baik, c) validasi oleh guru IPS dengan skor 4,27 atau kategori sangat baik, dan tanggapan siswa pada uji coba lapangan dengan rata-rata skor 4,31 atau kategori sangat baik.

Kata kunci: media, pembelajaran, IPS, poster, infografis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com