PENGGUNAAN METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMPN 2 KALASAN KELAS VIII D DALAM PEMBELAJARAN IPS

Sri Bijak Indriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan aktivitas belajar siswa di SMP N 2 Kalasan kelas VIII D dalam pembelajaran IPS melalui metode Think-Talk-Write, (2) peningkatan kemampuan berfikir kritis dan aktivitas belajar siswa kelas VIII D SMP N 2 Kalasan dalam pembelajaran IPS menggunakan metode Think-Talk-Write.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis &Taggart yang langkah tindakannya berupa perencanaan, pelaksanaan & pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP N 2 Kalasan dengan jumlah siswa 32. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2015-November 2016. Pengujian validitas instrumen dengan cara uji validitas oleh para ahli (expert judgment). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan aktivitas belajar siswa kelas VIII D SMP N 2 Kalasan dengan menggunakan metode Think- Talk-Write dilakukan melalui beberapa upaya yaitu: lebih menegaskan kepada siswa untuk mengerjakan soal secara serius dan mencari informasi dari berbagai sumber, memberi peringatan kepada siswa yang tidak ikut berkontribusi untuk mengemukakan pendapat pada kegiatan presentasi, 2) peningkatan kemampuan berfikir kritis dan aktivitas belajar pada siswa kelas VIII D dalam pembelajaran IPS dengan diterapkannya metode Think-Talk-Write berhasil meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan aktivitas belajar siswa, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil angket yang menunjukkan peningkatan kemampuan berfikir kritis dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dilihat dari rata-rata persentase kriteria keberhasilan tindakan.

Kata kunci : Think-Talk-Write, Kemampuan berfikir kritis, Aktivitas belajar siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com