PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS APLIKASI PREZI UNTUK SISWA KELAS VII SMP POKOK BAHASAN INTERAKSI SOSIAL

Nur Kholik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tahap pengembangan media
pembelajaran IPS berbasis aplikasi Prezi materi interaksi sosial untuk siswa SMP kelas VII.
2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran IPS berbasis aplikasi Prezi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS dan tanggapan siswa dalam pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tempel. Teknik pengumpulan data berupa angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba kelayakan produk dilakukan oleh guru IPS dan siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli media, ahli materi, guru, dan lembar angket penilaian untuk siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tahap pengembangaan media pembelajaran IPS berbasis aplikasi Prezi materi interaksi sosial untuk siswa SMP kelas VII meliputi: Tahap pengumpulan informasi; Tahap perencanaan; Tahap pengembangan; Tahap evaluasi; desiminasi/implementasi. 2) Media pembelajaran IPS berbasis aplikasi Prezi dinyatakan layak digunakan berdasarkan: hasil validasi ahli materi dengan skor 4 atau kategori âBaikâ; validasi
ahli media dengan skor 4,29 atau kategori âSangat Baikâ; validasi oleh guru IPS dengan skor
4,21 atau kategori âSangat Baikâ dan tanggapan siswa pada uji coba lapangan dengan rata- rata skor 4,21 atau kategori âSangat Baikâ. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPS berbasis aplikasi Prezi materi interaksi sosial untuk siswa SMP kelas VII sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Aplikasi, Prezi, Media pembelajaran, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com