PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII F SMP N 2 NGEMPLAK

Avelina Oktaviani Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan minat belajar dan
hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VIII F SMP N 2 Ngemplak menggunakan Metode Course Review Horay, (2) hasil peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VIII F SMP N 2 Ngemplak menggunakan Metode Course Review Horay.
Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi sesuai dengan model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP N 2 Ngemplak dengan jumlah 31 siswa Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Validitas instrumen menggunakan validitas expert judgement. Reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan KR-20. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan metode Course Review Horay dilakukan melalui beberapa upaya yaitu: penyajian materi dengan cara menggunakan video pembelajaran yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran, memberi peringatan secara tegas dengan memberhentikan waktu diskusi kelompok jika waktu sudah habis, memberitahukan hasil belajar untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar, memberikan reward pada kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi, 2) Peningkatan hasil minat belajar siswa berdasarkan hasil angket minat belajar dari siklus I ke siklus II masuk dalam kriteria tinggi. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal. Peningkatan hasil minat dan hasil belajar telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan.

 Kata kunci: Metode Course Review Horay, Minat Belajar, Hasil Belajar, dan IPS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com