HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MIRIT KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Anton Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan positif dan signifikan
antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mirit Kebumen tahun ajaran 2016/2017; (2) Hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar IPS IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mirit Kebumen tahun ajaran 2016/2017; dan (3) Hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kreativitas belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mirit Kebumen tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mirit yang berjumlah 190, terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus yang dikembangkan oleh Harry King dan diperoleh hasil sampel berjumlah 138 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner diuji validitas dengan korelasi Product Moment dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dan regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai
r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,260 > 0,141) dan nilai signifikansi sebesar 0,002; (2)
Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar siswa dengan hasil
belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,180 > 0,141)
dan nilai signifikansi sebesar 0,034; dan (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara motivasi belajar dan kreativitas belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mirit Kebumen yang ditunjukkkan dengan nilai
r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,277 > 0,141) dan nilai signifikansi sebesar 0,005.
Kata kunci : Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com