INTEGRASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA

Septi Dewi Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) integrasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 13 Yogyakarta dan 2) nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 13 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam
penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah dan siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif model interaktif Miles & Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada: 1) proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 13
Yogyakarta tidak mengintegrasikan nilai-nilai demokrasi. Hal ini karena dalam pelaksanaan proses pembelajaran tidak dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai demokrasi yang terdiri dari menyelesaikan pertikaian secara damai, menyelesaikan persoalan secara damai, berpartisipasi dalam proses politik, pengakuan terhadap nilai keanekaragaman, menegakan keadilan (persamaan) dan memajukan ilmu pengetahuan (mengembangkan potensi, kreativitas dan inovasi); 2) Nilai-nilai demokrasi yang terdiri dari menyelesaikan pertikaian secara damai, menyelesaikan persoalan secara damai, berpartisipasi dalam proses politik, pengakuan terhadap nilai keanekaragaman, menegakan keadilan (persamaan), serta memajukan ilmu pengetahuan (mengembangkan potensi, kreativitas dan inovasi) tidak diintegrasikan dalam proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 13 Yogyakarta.


Kata Kunci: Integrasi, Nilai-nilai Demokrasi, Pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com