TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK SOSIAL EKONOMI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA)SAMPAH DI DUSUN BIRU DESA CANDIREJO KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN KLATEN

Intan Nur Astika Wulan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengetahui: (1) Tanggapan masyarakat setempat terhadap Tempat Pembuangan Akhir di Dusun Biru Desa Candirejo Kecamata Ngawen Kabupaten Klaten (2) Dampak sosial Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Dusun Biru Desa Candirejo Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten (3) Dampak ekonomi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Dusun Biru Desa Candirejo Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten .
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek seluruh masyarakat Dusun
Biru yang secara langsung merasakan dampak dari Tempat Pembungan Akhir. Pengumpulan data
dilakukan dengan kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan langkah-langkah adalah data pengamatan ditata dalam tabulasi frekuensi dan diagram. Dengan tabel tersebut akan dihasilkan gambaran secara deskriptif. Gambaran tersebut diperoleh dari asumsi bahwa nilai skoring menjadi lima kategori, yaitu sangat baik, baik, kurang baik, tidak baik sangat tidak baik Data kemudian dimasukkan kedalam perhitungan mean, median dan modus dilakukan dengan menggunakan SPSS 20.00 for windaws, melakukan interpretasi dan analisis data yang sudah disajikan dan membuat kesimpulan..
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tanggapan masyarakat setempat terhadap Tempat Pembuangan
Akhir (TPA) Sampah di Dusun Biru, Dengan adanya Tempat Pembuangan Akhir di Dusun Biru masyarakat âsetujuâ didirikannya Tempat Pembuangan Sampah di Dusun Biru, sebab dengan pengelolaan yang baik dan benar membuat TPA Biru tidak mengganggu lingkungan sekitar. Pengelolaan dilakukan dengan cara menguruk setiap timbunan sampah baru sehingga menguraki pencemaran udara maupun sumber penyakit yang diakibatkan oleh sampah. (2) Dengan adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Dusun Biru, interaksi sosial masyarakat menjadi lebih baik seperti adanya gotong royonguntuk membersihkan lingkungan sekitar dan menjaga kesehatan lingkungan. (3) Masyarakat Dusun Biru merasakan dampak ekonomi. Sebanyak 68 masyarakat Dusun Biru bekerja di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah tersebut. Oleh sebab itu masyarakat Dusun Biru âsetujuâ bahwa TPA di Dusun Biru memberikan dampak ekonomi bagi mereka.

Kata Kunci: Tanggapan, Tempat Pembuangan Akhir, Dampak Sosial Ekonomi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com