PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 2 SRUMBUNG

Syarif Jamal

Abstract


Rendahnya prestasi belajar IPS siswa SMP N 2 Srumbung disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa Kelas VIII SMP N 2 Srumbung.

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yakni penelitian yang dilakukan untuk meneliti kemungkinan adanya hubungan sebab akibat antara variabel bebas berupa motivasi belajar dengan variabel terikat berupa prestasi belajar. Berdasarkan pendekatan yang digunakan penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua metode yakni angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat melalui hasil analisis regresi yang menghasilkan persamaan garis regresi Y = 0,328X + 59,564 yang berarti setiap kenaikan nilai motivasi belajar sebesar 1 akan menaikkan prestasi belajar sebesar 0,328 sehingga dapat dikatakan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bersifat positif. Hasil analisis regresi tersebut dapat diartikan semakin tinggi motivasi belajar akan semakin tinggi pula prestasi belajar dan dengan demikian maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com