PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PENAMBANG PASIR DI DUSUN PASEKAN DESA GONDOWANGI KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG

Liya Noviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pendapatan rumah tangga penambang pasir; (2) Tingkat kesejahteraan rumah tangga penambang pasir; dan (3) Hubungan pendapatan penambangan pasir dengan tingkat kesejahteraan rumah tangga penambang pasir.
Penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari pendapatan rumah tangga penambang pasir dan tingkat kesejahteraan rumah tangga penambang pasir.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 kepala rumah tangga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas data menggunakan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif.
Hasil penelitian bahwa: (1) Pendapatan yang diterima oleh rumah tangga penambang pasir
53% berpendapatan sedang yaitu Rp 2.477.001-Rp 4.474.000 dengan rata-rata pendapatan rumah tangga penambang pasir dalam satu bulan sebesar Rp 3.074.305; (2) Tingkat kesejahteraan rumah tangga penambang pasir mayoritas termasuk kedalam keluarga sejahtera berdasarkan indikator dari survei kinerja RPJMN tahun 2015 yang dilakukan oleh BKKBN yaitu sebanyak 83%; dan (3) Ada hubungan positif dan signifikan pendapatan penambangan pasir dengan tingkat kesejahteraan rumah tangga penambang pasir, jika pendapatan penambangan pasir yang tinggi dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan penambang pasir.

Kata kunci: Pendapatan, Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com