PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SMP KELAS VIII TEMA PERUBAHAN MASYARAKAT PADA PENJAJAHAN JEPANG

Desy Artian Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan komik digital sebagai media pembelajaran IPS pada tema perubahan masyarakat pada penjajahan Jepang; 2) mengetahui kelayakan komik digital sebagai media pembelajaran IPS pada tema perubahan masyarakat pada penjajahan Jepang berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media, guru IPS; 3) mengetahui tanggapan siswa SMP kelas VIII.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development(R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media, guru IPS serta lembar penilaian untuk siswa. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan: 1) pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: menyusun sinopsis, membuat skenario, sketching, scanning, digital coloring, lettering, penyatuan gambar; 2) kelayakan komik digital sebagai media pembelajaran IPS pada tema perubahan masyarakat pada penjajahan Jepang diperoleh berdasarkan: a) hasil validasi ahli materi dengan skor 4,16 atau kategori âBaikâ, b) validasi ahli media dengan skor 4,33 atau kategori âSangat Baikâ, c) validasi guru IPS dengan skor 4,40 atau kategori âSangat Baikâ; 3) tanggapan siswa SMP kelas VIII berdasarkan pada, a) uji coba terbatas dengan skor 3,88 atau kategori âBaikâ; b) uji coba lapangan dengan rata-rata skor 4,36 atau kategori âSangat Baikâ. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran IPS dengan tema perubahan masyarakat pada penjajahan Jepang sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata Kunci: Komik Digital, Media Pembelajaran, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com