PERSEPSI ANGGOTA MGMP IPS TERHADAP KINERJA PENGURUS MGMP IPS DI KABUPATEN SLEMAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

Nisa Rahma Prihandani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi anggota MGMP IPS terhadap kinerja pengurus MGMP IPS di Kabupaten Sleman dalam meningkatkan profesionalisme guru.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian sampeldengan jumlah 60 responden. Uji coba penelitian ini dilakukan di beberapa SMP di Kabupaten Sleman dengan jumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi anggota MGMP IPS terhadap kinerja pengurus MGMP di Kabupaten Sleman ditinjau dari aspek hasil keluaran (outcome) dalam kategori baik dengan persentase 48,33%, aspek atribut dalam kategori baik dengan persentase
55% dan aspek sikap perilaku dalam kategori sangat baik dengan persentase 36,67% sedangkan apabila ditinjau secara keseluruhan dari semua aspek dalam kategori baik yaitu dengan persentase sebesar 65%.

Kata kunci: persepsi anggota MGMP IPS, kinerja pengurus MGMP IPS, Profesionalisme guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com