UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT SISWA KELAS VII B SMPN 1 KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN

Handys Ivaluddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VII B SMPN 1 Kebonagung menggunakan Metode Cooperative Script,
2) peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VII B SMPN 1 Kebonagung
Kabupaten Pacitan menggunakan Metode Cooperative Script.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi sesuai dengan model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan tes. Validitas instrumen menggunakan validitas expert judgement. Reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan KR-
20. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan Metode Cooperative Script dilakukan melalui beberapa upaya yaitu: penyajian materi dengan cara menggunakan PPT yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran, memberi peringatan secara tegas dengan memberhentikan waktu diskusi kelompok jika waktu sudah habis, memberitahukan hasil belajar untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, 2) Peningkatan hasil keaktifan belajar siswa berdasarkan hasil angket keaktifan belajar dari siklus I ke siklus II masuk dalam kriteria tinggi. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal. Peningkatan hasil keaktifan dan hasil belajar telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan.

 

 

Kata kunci: Metode Cooperative Script, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, dan IPS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com