KESIAPSIAGAAN SISWA SMP SE KECAMATAN IMOGIRI TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI

Desi Natalia

Abstract


Kecamatan Imogiri merupakan daerah yang rawan terhadap bencana gempa bumi. Oleh karena itu kesiapsiagaan bencana gempa bumi sangat diperlukan, sehimgga dapat terhindar dari risiko menjadi korban bencana gempa bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapsiagaan siswa SMP se Kecamatan Imogiri terhadap bencana gempa bumi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah kesiapsiagaan siswa terhadap bencana gempa bumi yang memiliki sub variabel meliputi: pengetahuan dan sikap, rencana tanggap darurat, sistem peringatan bencana, dan mobilisasi sumber daya. Populasi penelitian terdiri dari 2010 siswa. Sampel penelitian berjumlah 117 siswa, pengambilan besaran sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 9%. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner (angket). Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapsiagaan siswa SMP se Kecamatan Imogiri terhadap bencana gempa bumi masuk pada kategori âsangat siapâ dengan persentase sebesar
50,43%, 47,86% siswa masuk pada kategori âsiapâ dan 1,71% siswa masuk pada kategori âhampir siapâ; terdapat perbedaan kesiapsiagaan siswa pada masing-masing sekolah terhadap bencana gempa bumi, siswa SMP Negeri 2 Imogiri dan MTs Negeri Giriloyo masuk pada kategori âsangat siapâ, sedangkan SMP Negeri 1 Imogiri dan SMP Muhammadiyah Imogiri memiliki kesiapsiagaan yang masuk pada kategori âsiapâ; terdapat perbedaan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi pada siswa di sekolah berbasis agama dengan siswa di sekolah konvensional dengan selisih nilai rata-rata kesiapsiagaan sebesar 0,03; terdapat perbedaan kesiapsiagaan siswa pada masing-masing tingkatan kelas, kesiapsiagaan siswa kelas VII, VII, berada pada kategori âsangat siapâ, sedangkan kelas IX pada kategori âsiapâ.

Kata kunci: Kesiapsiagaan, Bencana Gempa Bumi, SMP se Kecamatan Imogiri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com