PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BANGSA EROPA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS KELAS VIII SMP

Wahyu Lusty Willihandy Prayitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tahap pengembangan multimedia
interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP; 2) kelayakan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS, dan tanggapan siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah 39 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sewon. Teknik pengumpulan data berupa angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba kelayakan produk dilakukan oleh guru IPS dan siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, guru, dan lembar angket penilaian untuk siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan: 1) tahap pengembangan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP meliputi, pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, evaluasi produk, serta diseminasi dan sosialisasi; 2) kelayakan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa kelas VIII SMP diperoleh berdasarkan, a) hasil validasi ahli materi dengan skor 4 atau kategori âBaikâ, b) validasi ahli media dengan skor 3,65 atau kategori âBaikâ, c) validasi guru IPS dengan skor
4,35 atau kategori âSangat Baikâ, d) tanggapan siswa pada uji coba perorangan âSangat Baikâ, dengan rata-rata 4,31, e) uji coba terbatas dengan kategori âSangat Baikâ, dengan rata-rata 4,38, f) uji coba lapangan utama dengan rata-rata skor 4,41 atau kategori âSangat Baikâ. berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa kelas VIII SMP sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Kata Kunci: multimedia interaktif, sumber belajar, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com