HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS SEKOLAH DAN INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PAKEM TAHUN AJARAN 2015/2016

Susi Dwi Rachmawati

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang
signifikan kelengkapan fasilitas belajar dan intensitas komunikasi interpersonal guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakem tahun ajaran 2015/2016 secara masing-masing maupun secara bersama-sama.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional, dengan menggunakan populasi sebanyak 128 anak terpakai. Uji coba instrumen sebanyak 30 siswa di SMP N 2 Depok, yang tidak termasuk dalam populasi penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha crobanch. Uji persyaratan analisis yaitu uji linieritas dengan rumus regresi sederhana. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dan koefisiensi diterminan untuk mengetahui seberapa besar sumbangan kelengkapan fasilitas belajar dan intensitas komunikasi interpersonal guru IPS terhadap prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2
Pakem pada taraf signifikan 5%. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi antara
variabel kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yaitu rhitung > rtabel. Pengaruh variabel kelengkapan fasilitas belajar termasuk dalam kategori rendah terhadap variabel prestasi belajar. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas komunikasi interpersonal guru IPS terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi rhitung > rtabel. Pengaruh variabel intensitas komunikasi interpersonal guru IPS dalam kategori rendah terhadap variabel prestasi belajar. Kelengkapan fasilitas belajar dan intensitas komunikasi interpersonal guru IPS yang secara bersama-sama memberi pengaruh terhadap prestasi belajar dimana Fhitung > Ftabel. Meskipun dua variabel memberikan sumbangan yang rendah terhadap prestasi belajar, namun kedua variabel tersebut mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar.

Kata kunci: Hubungan, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Intensitas Komunikasi
Interpersonal, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com