PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR IPS BERBASIS WEBSITE DENGAN MEMANFAATKAN ADOBE DREAMWEAVER PADA SUBTEMA KEUNGGULAN LOKASI INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Sandra Dwi Pamudo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan sumber belajar IPS berbasis website pada
subtema keunggulan lokasi Indonesia untuk siswa SMP; 2) mengetahui kelayakan produk sumber belajar berbasis website berdasarkan penilaian oleh ahli materi; 3) mengetahui kelayakan produk sumber belajar berbasis website berdasarkan penilaian oleh ahli media; 4) mengetahui kelayakan produk sumber belajar berbasis website berdasarkan penilaian oleh guru IPS; dan 5) tanggapan siswa terhadap sumber belajar berbasis website.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan mengacu model pengembangan menurut Borg & Gall. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas
VIII di SMP Negeri 1 Prambanan. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan lembar
validasi untuk ahli materi dan ahli media, guru IPS, serta lembar penilaian untuk siswa. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pengembangan sumber belajar IPS berbasis website
dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan,
pengembangan produk, evaluasi produk dan uji coba, serta desiminasi dan implementasi; 2) kelayakan sumber belajar IPS berbasis website pada subtema keunggulan lokasi Indonesia berdasarkan validasi ahli materi memperoleh rerata skor akhir sebesar 3,74 dengan kategori baik; 3) kelayakan sumber belajar IPS berbasis website pada subtema keunggulan lokasi Indonesia berdasarkan validasi ahli media memperoleh rerata skor akhir sebesar 4,06 dengan kategori baik; 4) kelayakan sumber belajar IPS berbasis website pada subtema keunggulan lokasi Indonesia berdasarkan validasi guru IPS memperoleh rerata skor sebesar 4,0 dengan kategori baik; 5) tanggapan siswa SMP kelas VIII berdasarkan pada, a) uji coba terbatas dengan rerata skor 3,94 dengan kategori baik; b) uji coba lapangan dengan rerata skor 4,00 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil rerata skor yang diperoleh, menunjukkan bahwa sumber belajar IPS berbasis website pada subtema keunggulan lokasi Indonesia dinyatakan layak dan dapat gunakan sebagai sumber belajar IPS.

 

Kata kunci: sumber belajar, website, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com