KANDUNGAN NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM BUKU TEKS MATA PELAJARAN IPS SMP KELAS VII

Mia Januarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis nilai spiritual yang terkandung dalam buku teks IPS SMP kelas VII kurikulum 2013 dan cara penyajian nilai-nilai spiritual tersebut dalam buku teks IPS SMP Kelas VII kurikulum 2013.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi (analisis konten). Sumber data penelitian ini adalah isi buku teks pelajaran IPS SMP kelas VII kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah studi pustaka, coding, pencatatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode hermeneutika, dengan cara mendeskripsikan temuan dan kemudian diberi pemaknaan.

Hasil penelitain menunjukkan bahwa di dalam buku teks pelajaran IPS SMP kelas VII kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terdapat nilai-nilai spiritual yaitu: (1) nilai kebenaran, (2) nilai keindahan, (3) nilai moral, (4) nilai religius. Nilai spiritual yang terkandung dalam buku teks IPS SMP Kelas VII Kurikulum 2013 disajikan dalam berbagai cara penyajian yakni: (1) materi bacaan, (2) renungan, (3) refleksi, (4) kolom wawasan, (5) gambar, (6) tabel, (7) kolom tokoh, dan (8) aktivitas individu.

 

Kata Kunci: Nilai Spiritual, Buku Teks, IPS SMP.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com