PENGARUH PENGAWASAN DAN PENDAPATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016

Ari Novian Tri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengawasan orangtua
terhadap prestasi belajar IPS; (2) Pengaruh pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar IPS; (3) Pengaruh pengawasan dan pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 1 Tempel tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2017. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tempel tahun ajaran 2016/2017 dengan populasi sejumlah 184 siswa dan diambil sampel 123 siswa dengan teknik sampel random. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas data menggunakan korelasi product moment dan Reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis. Uji hipotesis meliputi analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda dua prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan pengawasan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel tahun ajaran 2015/2016 dengan nilai koefisiensi korelasi pengawasan orangtua yang tinggi dan jika pengawasan orangtua tinggi dapat mempengaruhi nilai prestasi belajar IPS siswa menjadi lebih tinggi; (2) Ada pengaruh positif pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel tahun ajaran 2015/2016 dengan nilai koefisiensi korelasi pendapatan orangtua yang tinggi dan jika pendapatan orangtua siswa tinggi dapat mempengaruhi prestasi belajar IPS siswa menjadi lebih tinggi; (3) Ada pengaruh positif dan signifikan pengawasan orangtua dan pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel tahun ajaran
2015/2016 dengan koefisien korelasi pengawasan orangtua dan pendapatan orangtua yang tinggi serta jika pengawasan orangtua tinggi dan pendapatan orangtua tinggi secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar IPS siswa menjadi lebih tinggi.

Kata Kunci: Pengawasan Orangtua, Pendapatan Orangtua, Prestasi Belajar IPS, SMP Negeri 1 Tempel


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com