BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GOMBONG TAHUN AJARAN 2015/2016

Aditya Lutfiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gombong tahun ajaran
2015/2016; (2) hubungan antara kelengkapan fasilitas belajar di rumah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gombong tahun ajaran 2015/2016; dan (3) hubungan antara disiplin belajar dan kelengkapan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gombong tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gombong yang berjumlah 222, terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus yang dikembangkan oleh Harry King dan diperoleh hasil
152 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner diuji validitas dengan korelasi product moment dan reliabilitas dengan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hipotesis pertama diterima sehingga
terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar (X1) dengan prestasi belajar (Y). Terdapat kecenderungan semakin tinggi disiplin belajar maka semakin baik prestasi belajar siswa tersebut. Hal ini karena siswa yang memiliki disiplin belajar yang tinggi memanfaatkan waktunya dengan baik untuk belajar; (2) hipotesis kedua diterima sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar di rumah (X2) dengan prestasi belajar (Y). Terdapat kecenderungan semakin lengkap fasilitas belajar yang dimiliki oleh siswa maka semakin baik prestasi belajar siswa tersebut. Fasilitas belajar yang lengkap memudahkan siswa untuk belajar; dan (3) hipotesis ketiga diterima sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dan kelengkapan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Disiplin akan mendorong siswa untuk teratur dalam belajar dan jika didukung dengan fasilitas belajar yang lengkap akan memudahkan siswa medapat prestasi belajar yang maksimal.


Kata Kunci : Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com