KONTRIBUSI PENDAPATAN BURUH GENDONG PEREMPUAN DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA TERHADAP PEREKONOMIAN KELUARGA

Nugraheni Catur Puntaswari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) faktor yang melatarbelakangi perempuan bekerja sebagai buruh gendong perempuan di Pasar Beringharjo Yogyakarta dan (2) kontribusi pendapatan buruh gendong perempuan di Pasar Beringharjo Yogyakarta terhadap perekonomian keluarga.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buruh gendong perempuan di Pasar Beringharjo dan pengurus Yayasan Annisa
Swasti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi perempuan bekerja sebagai buruh gendong perempuan di Pasar Beringharjo yaitu (a) faktor ekonomi,
(b) faktor pendidikan, (c) modal, (d) upah atau hasilnya langsung dapat dinikmati, (e) faktor lingkungan sosial, (f) budaya dan (g) bekerja dengan waktu yang bebas. (2) Pendapatan dari buruh gendong perempuan di Pasar Beringharjo mampu berkontribusi terhadap perekonomian keluarga.
Hasil kontribusi tersebut pendapatan keluarga meningkat dapat membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

 

Kata kunci: kontribusi, buruh gendong perempuan, dan ekonomi keluarga


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com