PERAN USAHA INDUSTRI KECIL TAHU TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KALISARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Lutfiana Maratus Sholikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Peran industri kecil tahu terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat yang meliputi pekerjaan, pendapatan, dan tingkat pendidikan masyarakat Desa kalisari, Kecamatan Cilongok, Kabpuaten Banyumas. (2) Perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat setelah adanya industri kecil tahu, yang meliputi perubahan nilai-nilai, perubahan sikap, dan perubahan pola perilaku masyarakat Desa Kalisari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek Masyarakat Desa Kalisari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas yang menjadi pengrajin tahu dan juga menjual produk olahan tahu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Milles Hubberman dengan langkah-langkah adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Peran industri kecil tahu terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat yang meliputi: (a) Pekerjaan
masyarakat: industri kecil tahu mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan dapat
menyerap banyak tenaga kerja, mampu mengatasi masalah pengangguran di Desa Kalisari, dan dapat menumbuhkan semangat wirausaha masyarakat; (b) pendapatan masyarakat: pendapatan masyarakat meningkat setelah menjadi pengrajin tahu, dan (c) tingkat pendidikan masyarakat: tingkat pendidikan masyarakat meningkat karena terjadinya peningkatan pendapatan menyebabkan masyarakat mampu menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. (2) perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat setelah adanya industri kecil tahu yang meliputi: (a) Perubahan nilai-nilai yang terjadi di masyarakat desa kalisari: meningkatnya nilai-nilai kekeluargaan antar pengrajin tahu dengan dibentuknya kelompok tahu âSari Delaiâ, (b) Perubahan sikap: meningkatnya sikap inovatif, kreatif dan sikap peduli lingkungan para pengrajin tahu, (c) Perubahan pola perilaku: meningkatnya kebersamaan dan kekompakan dalam masyarakat.

Kata Kunci: Industri Kecil Tahu, Kondisi Sosial Ekonomi, Perubahan Sosial


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com