PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PROGRAM JAM BELAJAR MASYARAKAT RW 01 JLAGRAN KELURAHAN PRINGGOKUSUMAN KECAMATAN GEDONGTENGEN KOTA YOGYAKARTA

Intan Setyaningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pelaksanaan program jam belajar masyarakat di RW 01 Jlagran dan (2) mengetahui pembentukan karakter anak melalui program Jam Belajar Masyarakat di RW 01 Jlagran.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan RW 01 Jlagran. Subjek penelitian ini adalah anak-anak, orang tua dan tokoh masyarakat. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah:
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan indikator keberhasilan Jam Belajar Masyarakat, pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat RW 01 Jlagran, dalam menciptakan keamanan, ketertiban dan kenyamanan melalui pemantauan yang dilakukan oleh petugas ronda pada saat jam belajar masyarakat serta himbauan/sosialisasi untuk belajar melalui papan informasi. Kepedulian orang tua terhadap kebutuhan anak belajar, antara lain dalam bentuk pendampingan pada saat belajar serta penyediaan sarana dan prasarana. Kedisiplinan belajar anak cukup, anak-anak mematuhi jam belajar masyarakat yang telah disepakati yakni pada jam 18.30-20.30. Prestasi belajar anak juga mengalami peningkatan, baik prestasi akademis maupun non akademis, (2) Pembentukan karakter melalui metode pembiasaan. Pembiasaan yang dilakukan melalui penerapan jam belajar masyarakat yang dilaksanakan di RW 01 Jlagran. Pembiasaan yang dilakukan antara lain, pemantauan yang dilakukan oleh petugas ronda pada saat jam belajar masyarakat, mematikan/mengecilkan suara televisi pada jam belajar, pendampingan dan konsultasi oleh orang tua, himbauan dan sosialisasi untuk belajar melalui papan informasi.

 

Kata kunci: Jam Belajar Masyarakat, Pembentukan karakter.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com