KESULITAN-KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS NONREGULER PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Ainna Damayanti

Abstract


Rendahnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran menimbulkan kesulitan
belajar IPS yang disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui faktor intern dan ekstern kesulitan belajar IPS pada peserta didik kelas nonreguler.
Metode dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas non-reguler SMP N 15 Yogyakarta yang berjumlah 393 responden, jumlah
sampel sebanyak 99, menggunakan teknik sampel proportionate stratified random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner. Validasi instrumen
dengan expert judgment. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan belajar pada faktor intern dan
ekstern. Faktor intern yang menimbulkan kesulitan belajar pada peserta didik kelas nonreguler
SMP Negeri 15 Yogyakarta, yaitu: faktor minat mengalami kesulitan sebesar
(71,63%) disebabkan oleh enggannya peserta didik dalam mengerjakan soal, dan kurang
dalam membaca referensi materi; faktor emosi (82,73%) disebabkan oleh peserta didik cepat
bosan apabila pelajaran IPS dimulai dan timbulnya rasa malas karena tidak bisa mengontrol
diri; cara belajar (69,12%) disebabkan oleh peserta didik belum mampu secara runtut
menjawab pertanyaan dari guru, peserta didik merasa kesulitan dalam mengungkapkan hal
yang belum dimengertinya dan belum melaksanakan belajar kelompok. Faktor eksternal
yaitu: faktor metode mengajar (67,71%), disebabkan oleh guru kurang memaksimalkan
kegunaan laboratorium IPS dan guru membanding-bandingkan antar peserta didik; perhatian
(66,77%) disebabkan oleh kurangnya pendampingan belajar oleh orang tua dirumah dan
kesulitan dalam memahami kata-kata guru dalam menyampaikan materi; sedangkan faktor
guru dan interaksinya terhadap peserta didik (78,5%) disebabkan oleh faktor guru yang
belum bersikap penuh perhatian dalam penyampaian materi.
Kata kunci: kesulitan belajar, kelas non-reguler, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com