KESIAPAN GURU IPS DI SMP SEKABUPATEN KULON PROGO DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA

Tasya Yunida Fortuna Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru IPS di Kabupaten Kulon Progo dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dilihat dari tiga indikator kesiapan guru yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah guru IPS di Kabupaten Kulon Progo sejumlah 75 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sampel sebanyak 63 guru dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebesar 55,6% guru IPS SMP di Kabupaten Kulon Progo telah siap dalam perencanaan pembelajaran, artinya guru IPS SMP sudah dapat membuat perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka, sebesar 54% guru IPS SMP di Kabupaten Kulon Progo telah siap dalam pelaksanaan pembelajaran, artinya guru IPS SMP sudah dapat melaksanakan pembelajaran Kurikulum Merdeka dan sebesar 60,3% guru IPS SMP di Kabupaten Kulon Progo telah siap dalam penilaian/asesmen pembelajaran, artinya guru IPS SMP sudah dapat melaksanakan asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka. Secara keseluruhan dari tiga indikator kesiapan guru, dapat disimpulkan bahwa sebesar 57% guru IPS SMP di Kabupaten Kulon Progo telah siap dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.


Full Text:

PDF

References


Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., Saliman, S., & Supardi, S. (2022). The evaluation of the programs of gender-responsive schools in Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 26(1), 87-97. Doi: https://doi.org/10.21831/pep.v26i1.47886

Sudrajat, Saliman, Supardi. (2022). Sketsa Pembelajaran IPS: Menuju Pembelajaran Abad 21. Penerbit Adab

Sudrajat, Kumalati, M. (2020). The Environmental Awareness of Junior High School Students in Sleman Yogyakarta, 14th International Conference of Social Science and Education. DOI:10.2991/978-2-494069-55-8_16


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com