Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS

muh jamal jamal

Abstract


Tulisan ini membahas salah satu strategi pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kualitas siswa. Rumusan masalah dalam artikel ini adalah bagaimana penerapan pendekatan saintifik mempengaruhi motivasi dan meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penulisan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa sebagai pembelajar yang berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah sosial. Metode yang digunakan adalah pendekatan library research untuk mengumpulkan data dengan cara mencari sumber dan mengkonstruksinya dari berbagai sumber seperti jurnal dan penelitian yang ada. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif. Bahan pustaka yang diperoleh dari berbagai referensi dianalisis secara detail guna mendukung gagasan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima langkah yang harus dilakukan dalam pendekatan saintifik, yaitu yaitu: 1) Mengamati, 2) Menanya, 3) Mengasosiasi, 4) Mengkomunikasikan, dan 5) Menyimpulkan. Dengan menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik ini, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi yang baik, dan pemahaman yang terhubung dengan dunia nyata dalam pembelajaran IPS.


Full Text:

PDF

References


Adi, D. P., & Masruri, M. S. (2017). Keefektifan pendekatan saintifik model problem based learning, problem solving, dan inquiry dalam pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 142-152.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th Edition). Routledge. dalam pendekatan saintifik.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hergenhahn, B.R. (2010). An Introduction to the History of Psychology (7th Edition). Cengage Learning.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Perwitasari, A. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Yogyakarta. SOCIAL STUDIES, 5(3).

Rusman. 2015. Pemebelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudasma, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(2).

Suja, I. W. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Universitas Pendidikan Ganesha, 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com