PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PURWOREJO

Fabila Fitri Annisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Purworejo. Hasil belajar IPS peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Purworejo dinilai masih rendah karena model pembelajaran yang diterapkan kurang tepat. Melalui model Problem Based Learning, peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan sehingga dapat berpengaruh pada hasil belajarnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan desain none-quivalent control gruoup design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebanyak 222. Sampel yang digunakan berjumlah 62 peserta didik dengan 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan teknik analisis data menggunakan uji T. Berdasarkan penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Purworejo dengan hasil penelitian pada aspek kognitif (pengetahuan) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar(7thed). (terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) Sebagai Penyempurna Kurikulum Sebelumnya.

Mendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Nurjanah, S. (2014). Keefektifan Metode Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 1 Jetis Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 1(2), 183-204.

Septiantoko, R., Dwiningrum, S. I. A., Rukiyati, R., & Wulandari, T. (2022). Gaya belajar, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(1), 93-102.

Sudrajat, S. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 150-164. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, S., & Mujadidi, S. (2023). Implementasi program sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(2), 100-114. doi: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.63743

Sudrajat, S., Saliman, S., & Supardi, S. (2022). The evaluation of the programs of gender-responsive schools in Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 26(1), 87-97. Doi: https://doi.org/10.21831/pep.v26i1.47886

Sudrajat, Saliman, Supardi. (2022). Sketsa Pembelajaran IPS: Menuju Pembelajaran Abad 21. Penerbit Adab

Sudrajat, Kumalati, M. (2020). The Environmental Awareness of Junior High School Students in Sleman Yogyakarta, 14th International Conference of Social Science and Education. DOI:10.2991/978-2-494069-55-8_16

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wati, R. C. E. (2013). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. 7 SMA Negeri 1 Purworejo. OIKONOMIA-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2).

Wibowo, H., Ibrahim, I., & Suriani, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas VIII E SMP Negeri 15 Purworejo Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 432-440.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com