Pemanfaatan Potensi Museum Pangeran Diponegoro sebagai Sumber Belajar IPS SMP

salsabila iftinan artanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pemanfaatan Potensi Museum Pangeran Diponegoro sebagai sumber belajar IPS SMP (2) Faktor pendorong kelayakan Museum Pangeran Diponegoro sebagai sumber belajar IPS SMP.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naturalistik. Subjek penelitian adalah  kepala Museum, pemandu museum, dan Guru IPS SMP N 7 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model miles and Huberman dengan langkah-langkahnya yaitu melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Museum Pangeran Diponegoro telah memenuhi kriteria pendirian museum dan kriteria pemilihan sumber belajar sehingga, potensial untuk digunakan sebagai sumber belajar IPS SMP (2) Museum Pangeran Diponegoro dan koleksinya menunjukan adanya kesesuaian dengan materi yang terdapat pada Kompetensi Dasar dan silabus mata pelajaran IPS di tinggat SMP sehingga, layak untuk digunakan sebagai sumber belajar IPS bagi siswa SMP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com