HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 MINGGIR
Abstract
References
Ahmadi, A. & Supriyono, W. (1991). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2014). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen revisi taksonomi pendidikan bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan tahun 2001 oleh Pearson Education, Inc by Addison Wesley Longman, Inc).
Azwar, S. (2006). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Budiwati, B.H., Mulyani, E.T., Handayani, F., et al. (2015). Budaya baca di era digital. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Hidayat, H., & Aisah, S. (2013). Read interest co-relational with student study performance in IPS subject grade IV (four) in state elementary school 1 Pagerwangi Lembang. International Journal of Scientific & Technology Research, 2(1), 101–114.
Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat baca anak anak di kampoeng baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 3, 320 – 328.
Marlina, N.A., & Ardiyaningrum, M. Hubungan minat membaca dengan prestasi belajar IPS Kelas III SD Karanggayam. Literasi Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume XII, No. 1 2021 (2).
Nurhadi. (2016). Teknik membaca. Jakarta: Bumi Aksara.
Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2004). Behavior analysis and learning. Lawrence Erlbaum Associates.
Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia mengajarkan gemar membaca pada anak sejak dini. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto, N. (2003). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sapriya. (2011). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutarsyah, C. (2015). Reading theory and practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S.K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 2, 115-123.
Tabrani, R., Kusdiar, A., & Arifin, Z. (1992). Pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Utami, L.D. Tingkat literasi indonesia di dunia rendah, ranking 62 dari 70 negara. (22 Maret 2021). Tribunnews.com, hal 1-2.
Wicaksana, G. (2011). Buat anakmu gila baca! Yogyakarta: Bukubiru.
Wong, O.K., & Casing, D.M. (2010). Equalize student achievement. United Kingdom: Association of School Business Officials International.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Our Journal Indexing and Abstracting by:
_________________________________________________________________________________________