MINAT BELAJAR IPS PADA SISWA SMP DI KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO

Risky Amalia, Saliman Saliman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar IPS pada siswa SMP di Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Sekolah yang diteliti yaitu SMP Negeri 22 Purworejo dan SMP Bhakti Karya Gebang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP di Kecamatan Gebang. Total populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 699 orang. Total sampel penelitian sebanyak 60 orang sehingga pada masing-masing sekolah diambil 30 orang. Instrumen yang digunakan peneliti berupa angket yang sudah di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar IPS pada siswa SMP di Kecamatan Gebang  yaitu pada SMP Negeri 22 Purworejo berada pada kategori tinggi sebesar 50% dan SMP Bhakti Karya Gebang berada pada kategori sedang sebesar 56,7%.

References


Awaluddin, A. (2018). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Plus Al-Kautsar Malang. Jurnal Penelitian dan Pendidikan (JPPI). Vol. 12, No. 1. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.

Karima, M.K & Ramadhani. (2018). Permasalahan pembelajaran IPS dan strategi jitu pemecahannya. Sumatera Utara: Sekolah Tinggi Ilmu Tabiyah (STIT) Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara.

Rusmawan. (2013). Faktor yang memengaruhi kesulitan belajar IPS siswa sekolah dasar. Yogyakarta: Univesitas Sanata Dharma.

Saliman, Satriyo, W., Anik, W., et. al. (2020). Evaluasi Praktek pendampingan best practice untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di Kabupaten Banjar Negara Jawa Tengah. Jurnal Pros. SemNas. Peningkatkan Mutu Pendidikan. Vo. 1, No. 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.

Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com