PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN KONDISI PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP N 7 KEBUMEN

Febry Oktafiani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tingkat pendidikan dan kondisi pekerjaan orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP N 7 Kebumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP N 7 Kebumen dengan jumlah 250 siswa, sampel sebanyak 154 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan korelasi Product Moment  dan analisis regresi ganda dengan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dan kondisi pekerjaan orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP N 7 Kebumen. Hal ini memiliki makna bahwa siswa di SMP N 7 Kebumen memiliki orang tua dengan tingkat pendidikan rendah dengan persentase sebesar 39,6% pada jenjang sekolah dasar (SD/Sederajat dan SMP/Sederajat) dengan kondisi pekerjaan orang tua pada kategori rendah dengan persentase sebesar 41,6% yaitu tidak memiliki pekerjaan tetap, kurangnya waktu pendampingan pada anak dan penghasilan yang rendah, memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa yang rendah pula dengan rata-rata perolehan nilai 60-71.

Kata kunci: tingkat pendidikan, kondisi pekerjaan, hasil belajar IPS


References


Adi, D.P. (2021). Pengaruh penggunaan film dokumenter terhadap hasil belajar IPS di SMP. JIPSINDO, 8, 121.

Ardhiyah,M.A. (2019). Pengaruh pekerjaan/sosial ekonomi orang tua terhadap proses belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Vol 3 no 1, 8.

Hadiyanto, H. (2014). Pengaruh pendidikan, pekerjaan dan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan,Vol 2 no 2.

Handayani, T. (2015). Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran discovery siswa kelas VIII F SMPN 2 Ngemplak tahun pelajaran 2014/2015. JIPSINDO, Vol 2 no 2.

Kemendikbud. (2003) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Marlina, L & Sholehun. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, Vol 2 no 1.

Sugihartono, Fathiyah, K.N., Harahap, F., dkk. (2013). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sunarti & Selly, R. (2012). Penilaian hasil belajar untuk SD, SMP dan SMA.Yogyakarta: Andi Office.

Suryabrata & Sumadi. (2004). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widodo. (2020). Penyelenggaraan pendidikan orang tua. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com