IMPLEMENTASI NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP SETIA BUDI SUNGAILIAT

Muhammad Shafly Farrabi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Setia Budi Sungailiat. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik, guru, dan kepala sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah guru IPS dalam menerapkan proses implementasi nilai multikultural dalam pembelajaran IPS melalui; 1) perencanaan pembelajaran IPS dapat memanfaatkan budaya lokal sebagai pengembangan nilai-nilai moral pada peserta didik dalam pembelajaran berbasis multikultural yang direncanakan dalam kurikulum, media pembelajaran, silabus dan RPP, 2) pelaksanaan pembelajaran IPS dengan memfasilitasi media yang berhubungan dengan multikultural, menambah poster-poster tentang nilai multikultural di lingkungan sekolah, mengembangkan materi serta tema tentang multikultural di sekolah, dan melengkapi sarana serta fasilitas yang masih belum ada, 3) penilaian pembelajaran IPS telah melalui format penilaian memuat aspak-aspek yang dinilai seperti; nilai demokratisasi, nilai pluralisme, dan nilai humanisme.


Full Text:

PDF

References


Asrul., dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Arifudin, I. (2017). Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, Vol. 12. No. 2.

Mahfud, C. (2016). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Naim, N. (2017). Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rosyad, M. A. (2019). Implementasi Nilai Mulikulturalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Risalah. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol. 5. No. 1. 1- 18.

Saidiharjo. (2004). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H.A.R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yakin, A. (2005). Pendidikan Multikultural, Cross-Cultural untuk demokrasi dan keadilan. Yogyakarta : Pilar Media.

Zamroni. (2008). Several Aspect of Multicultual Education. Yogyakarta: Gaduate Progran The State University of Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com