PENERAPAN NILAI KARAKTER DISIPLIN MELALUI PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 SANDEN

Ersa Melati Melati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai karakter disiplin melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sanden. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 3 guru IPS, dan 10 peserta didik di SMP Negeri 1 Sanden. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, guru IPS dalam menerapkan nilai karakter disiplin menekankan pada penciptaan lingkungan yang kondusif, di antaranya dengan metode penugasan, pembiasaan, pelatihan, pembelajaran, pengarahan, dan keteladanan. Faktor pendukung penerapan nilai karakter disiplin melalui pembelajaran IPS yaitu kultur sekolah yang mendukung pendidikan karakter serta keteladanan perilaku guru dan kepala sekolah sedangkan faktor penghambat penerapan nilai karakter disiplin melalui pembelajaran IPS yaitu peserta didik SMP yang masih dalam proses pendewasaan.


Full Text:

PDF

References


Abdian, R.A., & Ediyono, S. (2022). Peran Guru dalam Pembelajaran: Strategi Menanamkan Pendidikan Karakter di Era Pandemi Covid-19. Webinar Dewan Profesor Universitas Sebelas Maret 2021, Series 5 (3), 203.

Daryanto & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Gunawan, A., Tukidi., Mulianingsih, F. (2019). Implementasi Penerapan Nilai Karakter Disiplin dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Sosiolium, Volume 1, No. 1 (2019), 56.

Hakim, A.N., & Dewi, D.A., (2021). Pentingnya Implementasi Nilai Pancasila agar Tidak Terjadi Penyimpangan dalam Masyarakat Luas. Jurnal Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia, Volume 5, No. 1 (2021), 239

Kemendikbud. (2019). Model Penilaian Karakter (Edisi Digital). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemenristekdikti. (2022). Peraturan Pemerintah RI Nomor 2, Tahun 2022, tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Kesuma, D., Triatna, C., Permana, J. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdyakarya

Lickona. T. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Melati, R.S., Ardianti, S.D., Fardani, M.A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3, No. 5 (2021), 3062-3071.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, R.N., & Resmi, A.C. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sikap Sosial Kebangsaan Peserta Didik melalui Pembelajaran IPS (Studi Literatur). Journal of Social Science Teaching: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negeri Kudus, Volume 4, No. 2 (2020), 143.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com